19 Juli 2017

Memilah Circle Pertemanan

Beberapa hari yang lalu saya bertandang ke tempat seorang teman dekat. Kebetulan ada kegiatan sosial yang mengharuskan saya menemui dia, teman yang tidak pernah absen beberapa tahun belakangan ini. Saya jadi ingat, sebulan yang lalu dia menghubungi saya. Katanya lagi menangis karena ada masalah dengan kekasihnya, hal biasa toh. Lalu, malam ini saya dan beberapa teman menghiburnya sampai larut.
---------------
Malam itu, ketika saya mengunjunginya, saya menanyakan kabar kekasihnya. Bagaimana perihal acara temu keluarga yang pernah dia gundahkan sebulan lalu sambil menangis dan mata putus asa menghadap langit-langit kamar. 
"minggu depan keluarganya akan datang ke rumah"
"huuaa...jadi, enak banget. Selamat ya"
"tapi ngga usah bilang-bilang yang lain ya", lanjutnya
-------------
Mulut saya terkunci. Bukan, saya tidak sedang sedih atau iri hati. Perasaan yang keluar adalah...ah, ternyata hubungannya berhasil. Yeay, selamat.
Yang tidak habis pikir adalah tentang pilihannya yang tidak menceritakan berita baik ke circle kami. Banyak orang lupa, bahwa pertemanan itu bukan hanya tentang berbagi cerita kesedihan terdalam saja. Atau menghabiskan malam sampai larut bersama untuk melepas stress masing-masing. Pertemanan yang saya yakini adalah menampung apa saja, baik yang sedih dan senang, dan selalu ada. Untuk beberapa orang, mungkin hal ini sepele.
Tapi.
Hei,
Saya jadi merasa konyol berada dalam circle ini. Karena cerita diatas berarti hanya satu dari sekian peristiwa yang kebetulan saya ketahui dan pastinya banyak pula peristiwa yang tidak saya ketahui karena keputusannya dengan teman lainnya untuk "ah, mending tidak usah dicetikanan". Kejadian ini membuat saya berpikir kalau saya tidak mengenal dengan baik circle ini walau telah bersama sekitar lima tahun. Saya tidak marah, saya pun tidak menghakimi bahwa pilihannya salah. Saya hanya kecewa saja.
Jadi, memasuki usia 24 keatas, saya akan memilah mana circle yang akan saya ikuti. Karena berteman bukan hanya tentang nongkrong bareng dan curhat sesenggukan. 
Karena bagi saya, 
Berteman adalah bagaimana kamu nyaman dan mampu berkembang bersama dengan dorongan teman sekitar.  

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© SEPATAH KATA
Maira Gall